by

Asisten 1 Setda R4: Tim Program Inovasi Desa Harus Berwawasan Luas Dan Berpola Pikir Jangka Panjang

-Berita-56 views

Waisai, RAE- Bertempat di Gedung Wanita Waisai Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat, Rabu 04/09/2019, tim Program Inovasi Desa Raja Ampat menggelar rapat koordinasi dan sosialisasi penyedia peningkatan kapasitas teknik Desa

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Bidang Pemerintahan Setda Raja Ampat, Muhidin Umalelen, S.Sos, Perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Provinsi Papua Barat, Wakapolres Raja Ampat, Para Pimpinan OPD di Lingkungan Pemda Raja Ampat, Para Kepala Distrik, dan Tim Inovasi Desa.

Ashar Arfan, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung menyatakan program inovasi desa hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa serta memperkuat peran pendamping dan pemberdayaan masyarakat Desa.

“Jadi Inovasi Desa hadir sebagai upaya Merevitalisasi peran pendamping dalam membangun potensi ekonomi desa dan menjaga kualitas pemanfaatan dana desa” kata Arfan.

Dikatakan dasar pelaksanaan Kegiatan ini yaitu UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, Keputusan Menteri Desa, Keputusan Bupati Raja Ampat No. 83 Tahun 2019 tentang Pembentukan Tim Inovasi Kabupaten dan Sekretariat Tim Inovasi Program Inovasi Desa.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan, Muhidin Umalelen,S.Sos saat membuka secara resmi kegiatan Rakoor berharap program Inovasi Desa akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi serta produktivitas masyarakat, yaitu dengan adanya inovasi baru sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Muhidin yang juga mantan Kadis Sosial menegaskan agar seluruh tim program inovasi desa harus memiliki wawasan luas, pola pikir yang jangka panjang, berkelanjutan, dan kegiatan yang dibangun di Raja Ampat harus bersifat kreatif, inovatif dan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat desa.

“Setiap kampung tentunya memiliki potensi, maka diperlukan kejelian dan kreativitas tim untuk mengembangkan potensi-potensi tersebut karena yang pasti wawasan dan pola pikir sudah ada dalam tim program inovasi desa.” harap Umalelen

Perlu diketahui bersama bahwa Program Inovasi Desa merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kapasitas Desa sesuai dengan Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Guna mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan Desa secara berkualitas dan meningkatkan produktivitas masyarakat menuju kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas. Puncak dari program inovasi desa adalah bursa inovasi dari berbagai program inovasi yang ada.
(Reales/Cak)

Comment

Daftar Berita Terpopuler