by

Keterbukaan Informasi Public Menjadi Prioritas Utama Hi. Sudirman

-Politik-105 views

Sorong, rajaampatexclusive.co.id- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berkomitmen akan selalu transparan dalam keterbukaan informasi public tentang anggaran dan rencana pembangunan daerah agar menjadi konsumsi public dan juga menjadi Proritas dari Hi. Sudirman.

Pemerhati pembangunan, Andrew Wasmasen, saat jumpa pers dengan wartawan, Minggu (21/10) di Caffe Agina kemarin menjalaskan, Hi. Sudirman awalnya bekerja di LSM Labaki dengan jabatan kepala biro perhitungan kerugian Negara.

Dengan tekadnya untuk maju sebagai caleg DPRD Provinsi Papua Barat dapil Kota Sorong ada harapan, untuk dapat memperjuangkan keterbukaan infomasi public. Karena sejauh ini sudah tidak lagi menjadi rahasia bahwa keterbukaan informasi public sangat minim.

“Aturanya cukup jelas bahwa dalam UU Keterbukaan public menghendaki segala sesuatu, misalnya anggaran APBD yang seharusnya menjadi konsumsi public hingga saat ini sangat sulit sekali didapatkan, ” kata Andrew, yang sering berperan aktif dalam mengungkap kasus korupsi di Papua Barat .

Di tempat yang sama itu Hi, Sudirman mengatakan, keterbukaan informasi public sangat penting namun dalam pengalaman saya selama bekerja di LSM didapati banyak sekali informasi public yang masih sengaja ditutup-tutupi, sehingga dengan pengalaman tersebut ia ingin berkompetisi dalam pencalonan anggota legislative.

“Jika dilegitimasikan rakyat, kami berkomitmen untuk selalu transparan dalam membuka informasi public guna memberikan informasi tentang pencapaian pembanguan dari sector manapun sehingga perubahan yang dicanangkan benar-benar dirasakan,” bebernya.

Menurutnya janji pembangunan sama sekali tidak akan disampaikan, karena kewenangan legislative adalah pengesahan anggaran, sedangkan rencanan pembangunan sepenuhnya menjadi tanggungjawab eksekutif. Namun yang akan dilakukan adalah menyampaikan informasi tentang transparansi anggaran kepada public sehingga control yang dilakukan oleh masyarakat juga dapat terarah.

“Selama ini kita hanya mendengar besaran APBD daerah, namun sama sekali tidak mengetahui penggunaanya. Hal ini yang akan menjadi prioritas kami untuk selalu sampaikan kepada media agar menjadi konsumsi masyarakat umum,” tegasnya.(Nap)

Comment

Daftar Berita Terpopuler