by

Raih Sembilan Kursi, Demokrat Raja Ampat Pecahkan Rekor Sejarah

Waisai, RAE- Ada yang menarik dari penetapan hasil pleno rekapitulasi pemilihan presiden dan wakil presiden serta legislative, pada tanggal 5 Mei 2019, dimana partai Demokrat memperoleh Sembilan kursi, hal ini secara tidak langsung telah menempatkan partai Demokrat sebagai pemenang Pileg, namun juga memecahkan rekor perolehan kursi dalam sejarah politik di Raja Ampat.

Kabupaten Raja Ampat, berdiri sejak tahun 2003, dan telah merayakan ulang tahunnya yang ke 16 pada tanggal 09 Mei 2019. Setahun kemudian, tepat pada tanggal 05 April 2004, kabupaten Raja Ampat melaksanakan Pemilu Legislatif pertama dan membentuk DPRD.

Pemilu legislative pertama di Raja Ampat, diungguli oleh partai Golkar yang dikomandoi oleh Mohamad Nasib Baria, dengan perolehan suara sebanyak 7 kursi yang menempatkan diantaranya Jullius Omkarsba, Ch.Rumayom,BA, B.Dimara BA, Hendrik Maspaitella, Nasib Baria, dan Manfred Faidiban, serta lainnya, namun kemudian 3 orang diantaranya dianulir.

Perolehan suara Golkar sebanyak 7 kursi tetap bertahan pada periode berikutnya tahun 2009, dimana partai Golkar telah dipimpin oleh Drs.Marcus Wanma MSi, hingga tahun 2014, menurun menjadi 5 kursi dan tetap menjadi pemegang palu sebagai Ketua DPRD dan memiliki fraksi utuh fraksi Golkar.

Pada pemilihan legislative 17 April 2019, sebagaimana yang telah ditetapkan KPUD Raja Ampat pada pleno rekapitulasi tanggal 05 Mei 2019, partai berlambang beringin, mengalami penurunan perolehan kursi DPRD dari 5 menjadi 4 kursi, sebaliknya partai Demokrat yang memperoleh 4 kursi pada Pileg 2014, melejit dengan perolehan kursi sebanyak 9.

Partai Demokrat yang diketuai Abdul Warwey, telah memperoleh 9 kursi pada Pileg 2019, dan menjadi pemenang pemilu legislative sekaligus memiliki fraksi utuh dan pemegang palu. Namun lebih dari itu, partai Demokrat telah mengukir sejarah baru perolehan jumlah kursi di DPRD Raja Ampat dengan memecahkan rekor 7 kursi yang dipegang partai Golkar selama 15 tahun. (red)

Comment

Daftar Berita Terpopuler