by

Sudah Rampung 100 Persen, Kantor Satpol Air Polres Raja Ampat Ambruk

-Berita-3,153 views
Waisai, RAE- Diduga kerja tanpa memperhatikan struktur tanah. Kantor Satpolair Polres Raja Ampat yang dibangun sekitar bulan Juli tahun 2019  dan sudah rampung 100 persen rubuh/ ambruk total.

Proyek pembangunan kantor Satpolair Polres Raja Ampat Polda Papua Barat dikerjakan oleh PT. Jaya Putra Papua yang dianggarkan dari anggaran APBN tahun 2019 dengan Pagu Anggaran sebesar Rp. 2.180.745.000.00.

Foto: tampak samping kantor Polair Polres R4

Satuan kerja(Satker) Biro logisitik Polda Papua Barat, Kombes. Soedaryono di Dampingi  Kapolres Raja Ampat. AKBP. Andre.J.W Manuputty.S.IK kepada wartawan Senin, 02/03/2019. mengatakan pekerjaan pembangunan Satpolair Polres Raja Ampat Polda Papua Barat ini dikerjakan bulan juli tahun 2019 dan selesai bulan Desember.

” Pembangunan kantor Satpolair Polres Raja Ampat Polda Papua Barat dikerjakan bulan Juli tahun 2019 oleh pemenang tender PT.Jaya Putra Papua dan selesai bulan Desember” Ujarnya

Dijelaskan sebenarnya dalam perhitungan awal sih bagus. Tapi seiring waktu setelah selesai dibangun, kemungkinan ada pergeseran tanah dibawa, sehingga bangunan tersebut bergeser dan roboh. Jelasnya

Ditanya apakah tidak ada kaitannya dengan perhitungan Rencana Anggaran Biaya(RAB), Soedaryono dengan tegas membantah hal itu
” Oh tidak..tidak RAB pada awalnya masih lurus-lurus saja” Tandasnya
Foto: kontraktor Pelaksana Baju Hitam putih. Bersama Orang Polda Saat memantau Kantor yang rubuh

Dengan kondisi ini kita sudah laporkan kepada kontraktor, dan tidak ada masalah, bangunan yang roboh ini akan segera dibangun kembali. Tegasnya sembari menambahkan tadi sudah kita lihat bersama pihak ketiga sudah turun dan melihat kondisi lapangan, untuk segera dibangun yang baru.

Menurutnya kita menghargai karena pekerjaan ini yang kerja orang Papua oleh sebab itu kita sudah koordinasi dan mereka siap membangun kantor yang baru.

Disinggung rencana peresmiannya karena bangunan tersebut sudah rampung bulan Desember kemarin. Soedaryono dengan tegas mengatakan memang benar sudah selesai bulan desember dan untuk peresmiannya belum.

” Peresmiannya belum, kita rencana nanti undang pimpinan Polri untuk meresmikan, namun karena beliau sibuk. Dan juga bangunan ini masa pemeliharaan selama 6 bulan. Jadi sementara itu kita gunakan saja, Tapi yah kondisi yang tidak kita inginkan seperti begini mau bagaimana lagi” Tukasnya
Foto: Kombes.Soerdayono. Biro Logistik Polda PB di dampingi Kapolres R4 saat memberikan keterangan pers

Jadi pada intinya kontraktor sebagai pihak ketiga PT.Jaya Putra Papua siap membangun kembali kantor Satpolair Polres Raja Ampat.

Ditempat yang sama pihak ketiga dalam hal ini kontraktor pelaksana PT.Jaya Putra Papua saat hendak di wawancarai wartawan seputar kejadian itu. Beliau seolah-olah menghindar wartawan dan melangkah menuju kendaraan dengan wajah muram, sambil berkata” sebentar-sebentar, nanti saya balik yah.

Hingga berita ini diturunkan pihak ketiga PT.Jaya Putra Papua belum memberikan statement terkait rubuhnya kantor Satpolair Polres Raja Ampat Polda Papua Barat.

Sementara itu sekedar diketahui, kantor Satpolair Polres Raja Ampat, rubuh pada hari Minggu pagi tanggal 01 Maret 2019. Namun tidak memakan korban jiwa.

Pantauan media ini dilokasi kantor Satpolair nampak beberapa orang membongkar bangunan tersebut mulai dari atap hingga dinding-dindingnya. Mereka kerja fool time dengan kondisi bangunan yang sudah miring ke arah laut.(Caken)

Comment

Daftar Berita Terpopuler